Pengertian Rumus Integral Substitusi & Integral Parsial

Ada banyak jenis dan tipe masalah integral yang perlu diselesaikan. Oleh karena itu, perlu untuk mengenali metode yang tepat untuk menyelesaikan masalah integral. Melalui diskusi ini, Anda akan diajarkan bagaimana mengenali contoh masalah integral. Jadi, Anda dapat memilih metode yang tepat saat memecahkan masalah. Kedua metode ini dikenal sebagai rumus integral parsial dan substitusi integral. Sumber : rumusbilangan.com

Formula integral parsial digunakan dalam masalah integral yang sangat kompleks. Umumnya metode ini digunakan ketika metode yang ada tidak dapat digunakan. Masalah integral yang dapat diselesaikan dengan integral parsial dibagi menjadi dua jenis. Salah satunya adalah fungsi Anda yang lain adalah dv. Cara menemukan hasil integral dengan rumus integral parsial sebenarnya dianggap agak rumit. Oleh karena itu, ada cara singkat untuk memecahkan masalah integral parsial.

Pengertian Rumus Integral Substitusi & Integral Parsial

Substitusi integral dan formula integral parsial

Setelah belajar tentang integral parsial, gagasan rumus substitusi integral digunakan ketika bagian dari suatu fungsi berasal dari fungsi lain. Secara umum, masalah integral dapat diselesaikan dengan substitusi yang terdiri dari dua faktor. Artinya, turunan dari suatu faktor memiliki hubungan dengan faktor-faktor lain.

Setelah mengetahui deskripsi singkat tentang formula integral parsial dan formula penggantian penuh, sekarang saatnya untuk membahas aplikasi secara langsung untuk menyelesaikan masalah.

Formula integral sebagian
Metode ini dapat dianggap sebagai metode terakhir yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah integral. Contoh masalah integral yang dapat dipecahkan menggunakan rumus integral parsial adalah sebagai berikut:

masalah parsial integral

Masalah integral seperti yang di atas tidak dapat dibuat dengan menggunakan rumus integral normal. Selanjutnya, metode substitusi tidak dapat digunakan sebagai solusi untuk menemukan hasil yang tidak terpisahkan dari masalah yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, metode yang tepat untuk menyelesaikan masalah integral tertentu adalah dengan menggunakan rumus integral parsial. Persamaannya adalah sebagai berikut.

Baca juga: 1 hektar, berapa meter: definisi, formula, dan contoh pertanyaan

rumus integral parsial

Untuk mengatasi masalah menggunakan integral parsial, prosesnya adalah sebagai berikut:

contoh masalah integral

Proses pemrosesan seperti di atas cukup untuk menemukan hasil integral dari suatu fungsi

Formula pengganti lengkap

Karakteristik masalah yang dapat dipecahkan dengan menggunakan formula penggantian integral adalah faktor yang berasal dari faktor lain. Cobalah untuk mempertimbangkan contoh masalah integral yang dapat diselesaikan dengan formula penggantian integral ini.

contoh masalah integral 2

Masalahnya tidak dapat diselesaikan dengan rumus integral umum seperti biasa. Anda membutuhkan teknik yang tepat untuk mendapatkan nilai penuh. Metode yang paling tepat untuk memecahkan masalah-masalah integral ini adalah dengan menggunakan formula substitusi integral. Sebelum melanjutkan untuk membahas masalah, mari kita tinjau persamaan substitusi integral di bawah ini.

penggantian penuh

Untuk membuat kita memahami formula penggantian penuh, tentu saja kita harus terlebih dahulu mempraktikkan masalah.

final parsial 1

Keturunannya adalah 2quicklatex.com-319519078b87c8124bcf56a3ffbf4247_l3. Jadi Anda dapat menebak bahwa masalah integral di atas dapat diselesaikan dengan rumus substitusi integral, menggunakan contoh 3quicklatex.com-0536f9fd4880bdcd5905ff507b54bc7b_l3.

final parsial 2

Begitu:

final parsial 3

Seberapa mudah itu tidak cukup bagaimana menyelesaikan masalah menggunakan formula penggantian penuh?

Setelah mengetahui cara mengatasi masalah, gunakan formula penggantian integral penuh atau sebagian. Jadi Anda bisa mencoba menggunakan contoh masalah lain yang dapat mengasah keterampilan Anda.

Jangan pernah menyerah untuk menyelesaikan masalah. Karena pada kenyataannya dengan masalah integral parsial dan integral penggantian, kami dapat lebih menyempurnakan kemampuan kami. Sehingga kita bisa memahami bagaimana konsep melakukan masalah dengan benar.