6 Manfaat Kacang Merah yang Belum Anda Tahu

Kacang merah adalah makanan yang umum dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa memasak kacang merah sebagai sayuran, sup atau makanan penutup. Anda sudah dapat menemukan kacang merah di setiap jenis makanan dan minuman, mulai dengan roti, es krim, puding dan es krim susu kacang merah. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa kacang yang ditanam di banyak negara Asia, seperti Indonesia dan India, tidak hanya lezat, tetapi juga sangat sehat.

Dari penurunan berat badan hingga pencegahan kanker, ada lebih banyak alasan untuk mengonsumsi kacang merah. Berikut adalah 6 manfaat kacang merah untuk kesehatan kita.

6 Manfaat Kacang Merah yang Belum Anda Tahu

  1. Menghaluskan pencernaan

Salah satu kadar kacang merah yang sangat tinggi adalah serat. Kacang merah mengandung sekitar 13 g serat larut dan tidak larut per 100 g. Serat tidak larut paling sering ditemukan di kulit, sedangkan serat larut biasanya ditemukan dalam daging kacang.

Serat tidak larut secara efektif mendorong makanan ke dalam usus, membuat saluran pencernaan Anda lebih lancar. Serat ini juga bisa membuang racun yang tertinggal di tubuh dan menjaga keasaman lambung Anda. Ini dapat membantu Anda menghindari masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. Sementara itu, serat larut larut dengan air dan mengikat agar lebih tebal seperti gel. Gel ini tetap berada di perut untuk waktu yang lama. Karena itu, perut Anda tidak tinggal kosong terlalu lama. Risiko terkena bisul berkurang.

Selain itu, kacang merah mengandung pati, sejenis karbohidrat kompleks yang sifatnya mirip dengan serat larut. Di usus besar Anda, kekuatan membantu dalam pengembangan berbagai bakteri baik. Bakteri baik dibutuhkan untuk memerangi berbagai masalah pencernaan.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kacang merah adalah sumber protein bebas kolesterol dan rendah lemak. Dari 100 g kacang merah, Anda dapat memenangkan sekitar 20 g protein. Jumlah ini sama dengan 40% dari kebutuhan protein harian Anda. Dengan mengonsumsi kacang merah, Anda dapat memenuhi kebutuhan protein Anda tanpa khawatir tentang peningkatan kolesterol atau kadar lemak jenuh dalam tubuh. Ketika Anda makan daging untuk memenuhi kebutuhan protein Anda, kadar lemak dan kolesterol Anda pasti akan naik juga. Selain itu, serat larut yang terkandung dalam kacang merah juga bertanggung jawab untuk menyeimbangkan kadar kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Makan kacang merah juga bisa mengontrol tekanan darah Anda. Kacang merah kaya akan mineral seperti asam folat, kalsium, magnesium, dan kalium, yang dapat menurunkan kadar homosistein dalam darah. Homocysteine ​​sendiri merupakan salah satu pemicu penyakit jantung koroner. Selain itu, manfaat kacang merah bagi kesehatan jantung adalah untuk memudahkan kerja pembuluh darah dan sirkulasi jantung.

  1. Kendalikan nafsu makan

Karena kacang merah kaya akan protein, serat larut dan karbohidrat kompleks, Anda bisa kenyang dengan makan kacang merah lebih lama. Dengan cara ini, Anda tidak akan tergoda untuk mencari makanan ringan atau makanan lain. Bagi Anda yang mencoba menurunkan berat badan, manfaat kacang merah ini tidak diragukan lagi merupakan rasa malu untuk melarikan diri.

  1. Mencegah diabetes

Serat dalam kacang merah mencegah glukosa dari dilepaskan terlalu cepat dalam darah. Begitu juga dengan karbohidrat kompleks dalam kacang merah. Tidak seperti karbohidrat sederhana, yang dapat dengan mudah larut, karbohidrat kompleks tidak menghasilkan glukosa secepat karbohidrat sederhana. Dengan cara ini kadar gula darah Anda tidak tiba-tiba naik dan memicu diabetes. Kacang merah juga melawan pencegahan resistensi insulin, yang dapat memperburuk kadar gula darah pada diabetisi.

  1. Mencegah kanker

Sebuah studi dari Harvard Medical School menemukan bahwa diet tinggi serat dapat mencegah kanker, terutama kanker payudara. Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition di Prancis menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat mengurangi risiko kanker prostat hingga hampir 50%. Sementara itu, Anda bisa mendapatkan 52% serat dalam hati per 100 gram kacang merah. Konsumsi kacang merah secara rutin mencegah risiko kanker.

  1. Mencegah penuaan dini

Manfaat kacang merah hanya untuk mencegah penyakit, tetapi juga untuk mencegah keremajaan tubuh. Kacang merah mengandung antioksidan yang tinggi, lebih tinggi antioksidan dalam sayuran dan buah-buahan tertentu. Sebaliknya di antara kacang lain seperti kacang kedelai atau kacang tanah, kacang merah ternyata menjadi juara dalam mencegah penuaan dini. Ini karena semakin berbahaya warnanya, semakin tinggi pula cadangan antioksidannya. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Hal-hal tersebut merupakan faktor pemicu penuaan dini.

Baca Juga :