Mengapa Ibu Hamil Sensitif ?

Kehamilan itu mengasyikkan sekaligus mengasyikkan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kehamilan juga akan menyebabkan perubahan drastis dalam keadaan emosi. Banyak ibu juga menjadi lebih sensitif dan mudah marah selama kehamilan.

Penyebab mood sensitif selama kehamilan.
Mengutip halaman Asosiasi Kehamilan Amerika, kehamilan yang berkembang tanpa masalah tidak dapat dipisahkan dari efek samping dari emosi negatif. Emosi ini pada akhirnya membuat Anda lebih sensitif.

Mengapa Ibu Hamil Sensitif ?

Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya:

  1. Perubahan hormon.
    Salah satu penyebab dari fenomena ini adalah tubuhnya sendiri. Menjelang kehamilan, jumlah estrogen dan progesteron dalam tubuh akan meningkat. Perubahan hormon bertujuan untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk kehamilan.

Namun, meningkatkan jumlah estrogen dan progesteron juga dapat mengurangi suasana hati dan kemampuan otak untuk mengendalikan perubahan emosi. Akibatnya, wanita hamil menjadi lebih peka terhadap berbagai hal yang terjadi di sekitar mereka.

pusing selama kehamilan

  1. ketakutan
    Kehamilan akan mengubah banyak hal dalam hidup Anda. Baik dari segi kesehatan, hubungan dengan pasangan, yang akan didanai. Karena itu, jangan heran jika kehamilan sering membawa beberapa pikiran dan ketakutan buruk.

Secara umum, ketakutan selama kehamilan berasal dari pikiran seperti:

Apakah Anda siap menjadi ayah?
Kesehatan janin mulai dari rahim hingga setelah melahirkan.
Pengaruh kehadiran anak Anda dalam hubungan Anda
Apakah Anda siap untuk melahirkan?
Apakah kondisi keuangan Anda cukup aman?

  1. Perubahan pada tubuh.
    Perubahan tubuh selama kehamilan, seperti mual di pagi hari, nyeri otot, sulit tidur karena perut yang membesar dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Akibatnya, wanita hamil menjadi lebih sensitif dan mudah tersinggung.

Selain itu, bentuk tubuh ibu hamil juga berubah. Kehamilan membuat perut tumbuh dan tubuh menjadi gemuk. Beberapa ibu mungkin khawatir bahwa ini akan mengurangi daya tarik mereka kepada suami mereka sehingga mereka menjadi sensitif.

obat diare pada wanita hamil

  1. Stres
    Semua ketakutan, kekhawatiran, dan ketidaknyamanan yang terjadi selama kehamilan dapat memicu stres. Stres juga dapat menjadi lebih buruk jika Anda menghadapi masalah yang berkaitan dengan kesehatan, keuangan, atau aspek lain yang berlanjut sampai bayi lahir.

Setelah Anda mengalami stres, kondisi fisik dan psikologis Anda akan terpengaruh. Anda dapat dengan cepat mengalami perubahan suasana hati, emosi yang meluap, lebih mudah marah dan, secara umum, lebih sensitif bahkan terhadap hal-hal kecil.

  1. Merasa lelah
    Wanita hamil umumnya tidak cukup istirahat. Penyebabnya termasuk tidak dapat menemukan posisi tidur yang nyaman, sering terbangun karena mereka ingin buang air kecil atau berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah.

Berkurangnya jam istirahat membuat tubuh cepat lelah. Kelelahan yang menumpuk menurunkan suasana hati dan membuat wanita hamil sulit mengontrol emosinya. Pada akhirnya, wanita hamil menjadi lebih sensitif dan mudah tersinggung.

Perubahan suasana hati menjadi lebih sensitif adalah sesuatu yang dialami seorang ibu selama kehamilan. Penyebabnya juga beragam, dari yang biologis seperti hormon hingga tekanan psikologis dan ketakutan.

Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini akan membaik dengan sendirinya. Untuk membuat kehamilan lebih nyaman, jangan ragu untuk meminta dukungan suami dan keluarga Anda. Ingat, Anda tidak memiliki kehamilan ini sendirian.

Baca juga: