Motif Ekonomi , Pengertian, Tujuan dan Macamnya

Apa yang dimaksud dengan alasan ekonomi? Memahami alasan ekonomi semuanya terkait dengan alasan, motivasi atau dorongan dan kegiatan yang dilakukan oleh individu atau organisasi untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Memahami motivasi ekonomi juga dapat didefinisikan sebagai alasan mendasar mengapa individu dan organisasi melakukan kegiatan ekonomi. Pada umumnya manusia melakukan kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan mereka, mulai dari kebutuhan primer, sekunder hingga tersier.

Kata “alasan” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “alasan” yang berarti alasan atau seseorang untuk melakukan sesuatu. Sehingga pengertian alasan ekonomi adalah setiap tindakan atau tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang dibimbing oleh alasan untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian alasan ekonomi

Apa yang dimaksud dengan alasan ekonomi? Memahami alasan ekonomi semuanya terkait dengan alasan, motivasi atau dorongan dan kegiatan yang dilakukan oleh individu atau organisasi untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Tujuan dari alasan ekonomi

Mengacu pada penjelasan di atas, tujuan dari alasan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hidupnya. Secara umum, ada tiga kebutuhan manusia, yaitu:

  • Kebutuhan primer, atau kebutuhan dasar manusia seperti makanan dan minuman, pakaian dan perumahan.
  • Kebutuhan sekunder, khususnya kebutuhan tambahan untuk mendukung kebutuhan manusia utama seperti kendaraan, televisi, majalah, buku, dan sebagainya.
  • Kebutuhan tersier, atau gengsi kebutuhan manusia atau sesuatu yang dianggap mampu menaikkan level seseorang, seperti alat musik, rumah mewah, fasilitas olahraga dan banyak lagi.
  • Baca juga: Definisi konsumsi

Berbagai jenis alasan ekonomi

Berdasarkan faktor-faktor yang menyebabkannya, alasan ekonomi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Alasan intrinsik

Memahami alasan intrinsik adalah alasan ekonomi yang muncul dalam diri seseorang tanpa pengaruh faktor eksternal. Misalnya, ketika seseorang haus dan lapar, maka mereka akan membeli makanan dan minuman.

Alasan ekstrinsik

Memahami alasan ekstrinsik adalah alasan ekonomi yang muncul dalam diri seseorang karena pengaruh faktor eksternal. Sebagai contoh, seseorang menunjukkan laptop barunya kepada temannya, sehingga keinginan untuk membeli laptop baru di dalam temannya lahir.

Selain itu, alasan ekonomi juga dapat dibedakan berdasarkan agen ekonomi, yaitu alasan individu dan alasan organisasi.

Alasan individu

Alasan individu adalah alasan yang didasarkan pada dorongan batin untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan diri dan keluarga mereka. Beberapa alasan individu meliputi:

A. Alasan untuk meningkatkan standar hidup

Semua manusia secara alami berusaha memenuhi kebutuhan fisik dan spiritual mereka. Dengan cara ini, ia meningkatkan standar hidupnya, yang merupakan kondisi yang seimbang antara kebutuhan dan kebutuhan.

B. Alasan untuk mengurangi harga sendiri

Secara umum, manusia membutuhkan pengakuan dan penghargaan dari orang lain. Ini adalah salah satu alasan mengapa seseorang melakukan bisnis, seperti membeli kendaraan pribadi, membeli pakaian bagus, dan sebagainya.

Alasan organisasi

Alasan organisasi atau organisasi adalah alasan ekonomi berdasarkan keinginan suatu kelompok untuk meningkatkan anggota ekonomi kelompok dengan bekerja bersama. Beberapa alasan organisasi meliputi:

A. Alasan untuk memproduksi barang

Suatu perusahaan berusaha memproduksi barang atau jasa dengan harga murah dengan kualitas baik. Ini bertujuan untuk mencapai bagian tertentu dari pasar secara berkelanjutan.

B. Alasan untung

Alasan utama perusahaan melakukan tindakan ekonomi adalah untuk mendapat untung. Dengan manfaat, organisasi atau perusahaan dapat menjalankan kegiatan ekonominya secara berkelanjutan.

Demikianlah uraian singkat mengenai pengertian motif ekonomi, tujuan, serta macam-macam motif ekonomi. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Sumber : rumusrumus.com